SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI
2 : Menghayati dn mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusiatas bagaimana permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadan, serta menerapkan pengetahuan
proseduran pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1
Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman
kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
|
· Senyawa
hidrokarbon (identifikasi atom C, H, dan O)
· Kekhasan atom
karbon
· Atom C primer,
sekunder, tertier, dan kuartener
|
Mengamati (Observing)
· Mengkaji dari
berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
Menyanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak sekali terdapat di alam
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Menentukan
kekhasan atom karbon
· Menganalisis
jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat dari rantai atom karbon
(atom C primer, sekunder, tertier, dan kuartener)
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis dengan
menggunakan tata bahasa yang benar
|
Portofolio
·
Laporan hasil identifikasi atom C, H, dan O dalam
sampel
·
Hasil rangkuman
Tes tertulis uraian menganalisis:
·
Kekhasan atom karbon
·
Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuartener
|
1 mgg x 3 jp
|
·
Buku kimia
·
Lembar kerja
·
Molymod
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar